• Beranda
  • Twitter
  • Pesbuk
  • Sosbud
  • Polhuk
  • Sastra
  • Kesehatan
  • Hiburan
  • Asal Mula
  • PKn
  • SKI
  • Biologi
  • Fisika
  • Fiqih Dakwah

    Suatu kali pernah ustad Yusuf Mansur dikritik habis-habisan oleh salah seorang HTI . Alasannya, karena ustad Yusud Mansur mengapresiasi kesuksesan panitia konser dalam menggelar konser Metallica di Jakarta. Kalo dibully oleh fans-nya pak Jokowi, itu mah cemen, gak usah dibalas. Tapi karena yang mengkritik adalah yang di-ustadzkan, maka ustad Yusuf Mansur pun memberi tanggapan dengan penjelasan. Dalam tanggapannya yang beliau beri judul #Fiqhuddakwah ini, kami dapat banyak ilmu penting seputar tata cara dakwah. Berikut penjelasan Ustad Yusuf Mansur tentang #Fikhuddakwah:

    1. "Saya baru bisa maghrib doang stadz..." Maka jawabannya: "Ga apa2..." Ini Fiqhuddakwah. Islam jadi adem.

    2. "Ga boleh. Mana bisa. Mana diterima. Kudu 5 waktu lah. Kalo engga, percuma...". Inilah fiqhul ahkaam. Fiqh hukum.

    3. Saya salut sama rapihnya konser... It's my choice. Penghargaan kpd mereka2 yg berhasil tertib&santun. Bukan ke konsernya.

    4. Di konsernya, saya berbeda. Tapi fiqhud-dakwah itu nyari sela. Jadi, bukan musuh. Ngeliatnya jadi potensi&peluang dakwah.

    5. Fiqhud-dakwah itu terus2an bergerak memperbaiki, mengubah. Dan itu yg hrs nya qt lakukan.

    6. Kalo nyolot, maka kita kehilangan 60rb orang, lebih malah. Yg sekaligus malah jadi musuh. Ga baik. Kudu adem. Kudu kalem.

    7. Ada saat di mana kita kudu keras, ga berproses kalem. Ga berproses dakwah. Bukan tahapan syiar. Lsg cut-off. 

    8. Saya mengajak mereka yg sakses berkonser metallica, "berkonser" al Qur'an. Auranya positif. Teman. Friend. Bukan musuh.

    9. Sekali lagi, soal konsernya, soal musiknya, hanya Allah yang tau saya pegimana di hati. Tp ttp ga boleh nyolot.

    10. Apalagi nyolot ga nyolot, nonton ya nonton juga. Yg maksiat, nyolot ga nyolot, maksiat ya maksiat jg. Jangan. Kudu kalem.

    11. Di fiqh dakwah, kalem di awal, tp perjuangan kudu terus menerus. Tempel tanpa henti. Tapi orang akan trm dg tangan trbuka.

    12. Di dunia dakwah, dua2 perlu. Asal semuanya seimbang. Kalem kekaleman, juga masalah. Perlu mereka2 yg tegas.

    13. Yg tegas2, yg keras2, perlu yg kalem2. Jadi, dua2, ttp ga kemana2. Dan memang tantangan makin kompleks koq. 

    14. Saya ga akan berhenti. Sampe Allah menghentikan. Ini prinsip. Tp mengenai cara, ini juga prinsip.

    15. Dalam berhijab misalnya, adalah adem memberi apresiasi mereka yg sdh mulai beralih. Scr meskipun blm syar'i brngkl.

    16. Apresiasi aja dulu. Inilah fiqhuddakwah. Bikin nyaman. Tp rapet, tempel, sampe makin lama makin paham.

    17. Tadi, yg bisanya cuma maghrib saja. Ya gpp. Jgn lsg ditolak. Tar mental beneran, dan ditangkep "yang lain".

    18. Minta aja dia ini, yg bs nya hanya maghrib, jemput ke masjid. Begitu ke masjid, "tahan" dg alus. Sampe isya.

    19. Misal, siapkan kacang ijo, sama roti. Atau roti maryam, dg madu. Ajak minggir ke teras. Di sana ada kwn yg dah nyiapin. 

    20. Yg tadinya blg, hanya bs nya maghrib saja, kemudian mendengar azan isya. Lalu kita ucapkan terima kasih. Jgn nyindir.

    21. Kalo nyindir tuh gmn? Nyindir tuh gini: udah azan isya nih... Tanggung... Udah di masjid kan?

    22. Dah di surga, tar ke neraka lg... Begitu kata kita ke dia. Ini jg bukan spirit dakwah. Lbh baik katakan...

    23. "Mas, makasih ya, dah nemenin shalat maghrib... Makasih dah nemenin ngeteh susu + beroti maryam..."

    24. "Berkenan nunggu saya shalat isya...? Ataaaauuu... Gimana...? Mau pulang...? Kl mau plg, bsk saya jemput buat maghrib."

    25. Mungkin saat itu qt kehilangan dia. Bs jadi dia pulang. Dan malah bsk ga balik lg. Ga ikut maghrib lg. 

    26. Ya gpp jg. Soal hidayah, soal Allah. Toh dia "udah pernah sekali shalat maghrib". Ini kemajuan. Tinggal... --->

    27. ... Tinggal qt nya yg jgn berhenti... Jgn berhenti berdakwah. Misal, anterin pepes nasi... Anterin buku, cd... Aluuuusss..

    28. Beliin peci, baju, kaen, mukena...

    29. Nanti begitu dia masuk, kena, masuk dan kenanya, by his/her heart. Dengan hati. Dan itu biasanya lbh kekal. Lbh lama.

    30. Di dunia ngafal Qur'an... Saya pun memulai... Hanya dari one day one ayat... 1hr 1ayat... Dan memudahkan semua.

    31. Di dunia sunnah dhuha... Kampanyenya 2 rokaat dulu... Seminggu sekali aja... Pas libur... Lama2 ya dinaikin...

    32. Believe me. Aslinya, saya keras, teguh, berprinsip. He he he, ngaku sendiri. Tp the beauty of Islam, adlh ramah. Sejuk.

    33. Dan kuncinya adalah: alami. Narural. Jangan dibuat2. Keras, bila ga dibuat2, bukan krn pengen narik simpati, ya keren jg.

    34. Tp kalem, sejuk, tp dibuat2, baik, tp dibuat2, ya ga ngefek.

    35. Dan smua, adlh izin Allah. Hidayah itu milik Allah. Tp dakwah, tugas kita. Salam. Mhn maklum adanya ya.

    36. Tp saya sangat terbuka u/ dikritik, diberi saran. Jika menyatakan salut thd jalannya konser yg tertib, santun... --->

    37. ... Adalah salah. Maka saya ga segan2 juga menarik ucapan saya. Saya ttp butuh masukan. Siapa tau saya salah.

    38. Pendakwah dari agama lain, begitu sabar, &maennya jangka panjang. Ketika mendakwahi tukang becak, maaf... --->

    39. ... Sbnrnya targetnya adalah anaknya tukang becak. Anaknya ini baru dididik habis2an... 

    40. Ketika muslimah dijauhkan dari jilbab, dg pekerjaan, ini sungguh dakwah jangka panjang yg lbh berbahaya.

    41. Kalo mereka maen sikat, tentu muslim akan bangun. Lsg disikat. Tp pelan2. Bahkan sungguh lbh pelan2 dari yg sy lakukan.

    42. Apalagi saya cinta tanah air saya. Ga pengen bercerai berai. Dakwah itu kewajiban, keharusan. Maksa, jangan.

    43. Di pesantren pun, dari dulu, berproses... Bukan kayak semir sepatu. Dtg kotor, dibawa sdh mengkilap. Berproses.

    44. Dunia dakwah muslim sdg berkompetisi. Berkompetisilah sbg the winner. Tp pesen saya, jgn lamban. Ttp ngebut.

    45. Saya mentweet hastag ini bukan krn siapa2. Krn saya pandang perlu menjelaskan kebijakan dakwah dalam negeri, he he.

    46. Be kalem, be kuul.


    0 comments

    Posting Komentar