• Beranda
  • Twitter
  • Pesbuk
  • Sosbud
  • Polhuk
  • Sastra
  • Kesehatan
  • Hiburan
  • Asal Mula
  • PKn
  • SKI
  • Biologi
  • Fisika
  • Ubah Mindset Tentang Uang

    Iwan (nama fiktif) bercerita, ketika kecil ibunya mengatakan "Orang kaya itu serakah. Mereka menghasilkan uang dari keringat orang-miskin." Lanjut ibunya: "Kamu seharusnya memiliki uang sekedarnya saja. Kalau berlebihan, kamu jadi tamak seperti hewan." Itu doktrin ibunya bertahun. Tidak diperlukan seorang profesor untuk membayangkan apa yang ada di dalam otak bawah sadar Iwan. Tak heran, kemudian ia selalu dijauhi uang.

    Dia scr verbal dikondisikan ibunya utk percaya, orang kaya itu serakah. Oleh krn itu, pikirannya mengaitkan kaya dgn serakah, suatu yg buruk. Krn dia tidak ingin menjadi buruk, scr tidak sadar, dia tak bisa menjadi kaya. Iwan menyayangi ibunya & tak ingin ibunya kecewa krn dirinya. Jelas, berdasar keyakinan & doktrin ibunya, bila dia kaya, ibunya tak akan senang. Maka, yang ia lakukan adalah menjauh dr uang, tanpa sadar. Kalaupun ia dapat uang, uang akan segera menyingkir darinya. Krn otak bawah sadarnya merekam, kalau berlebihan, ia spt hewan. Doktrin ibunya.

    Kita mungkin berpikir, kalau disuruh memilih antara kaya atau disetujui ibu, yah pilih saja menjadi kaya. Tp pikiran tak bekerja seperti itu. Tentu saja, kekayaan terlihat seperti pilihan yang logis. Akan tetapi, dalam kebanyakan kasus, emosi hampir selalu akan menang. M-e-n-a-n-g. Pemahaman kita ttg uang selama bertahun2 dirancang oleh orangtua & sekolah. Kadang itu negatif. Inil yg sering membuat kt terjauhkan dr uang. Sekiranya terlanjur negatif begitu, kita perlu mempositifkan segera. Dg bacaan, pergaulan & mentor. Bukan pekerjaan sehari dua hari. Tp bisa.

    "Fortuner, Pajero, Everest, CRV, Captiva, X-Trail" Sbgn orang, membaca merek-merek ini, hati lgsg bergemuruh. Gak enak. Kdg spt dipermalukan. Kalau hati kita merasa tidak enak spt itu, ada kemungkinan kita memiliki mindset yg negatif thdp uang & kekayaan. Ini perlu dibenahi segera. Kalau lihat orang jalan2 ke luar negeri, biasa aja. Mestinya turut senang. Maka itu akan jadi doa & keselarasan, agar kita bisa sedemikian. Kalau lihat orang pakai Land Cruiser, biasa aja. Mestinya turut bahagia. Maka itu akan jadi doa & keselarasan, agar kita bisa seperti itu.

    Sbgn kita, melihat orang jalan2 atau punya barang bagus, langsung nuduh dia pamer & sombong. Lha kita tahu dari mana hati orang? Ridha thdp pencapaian orang lain, akan memudahkan pencapaian & rezeki kita. Dengki? Maka menjauhlah semua. Kalau sy posting foto di LN, banyak yg komen sy sombong. Tapi kalau foto di kota kecil di dlm negeri, gak gitu komennya. Pdhl kan sama saja. Kata-kata salah yg diulang berkali-kali bs membuat kita 'terjebak miskin' bertahun-tahun... Apa maksudnya? Yuk kt bahas.

    Programming secara verbal... Apa maksudnya? Yang jelas, ini berdampak baik juga buruk. Tergantung bgm kita dipahamkan selama ini. Spt apa vibrasi hati Anda saat mendengar kata uang, sejahtera & kaya? Apa respons hati Anda saat orang lain dalam tahap tumbuh & berkembang? Kata-kata (verbal) sangat beepengaruh... Bisa menggiring kita utk menerima atau menolak sesuatu. Sekali lagi, tergantung bgm kita dipahamkan.

    Ada bbrp frasa yg negatif seperti 'uang sebagai sumber kejahatan, orang kaya itu serakah, uang itu jahat, harta itu kotor' Ini mesti dibuang. Frasa lain 'Anda harus bekerja keras utk menghasilkan uang, uang tidak tumbuh di pohon, Anda tidak bisa menjadi orang kaya sekaligus soleh'. Frasa negatif lain 'Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, orang kaya makin kaya orang miskin makin miskin' Ini juga mesti disingkirkan. Frasa lain 'Kaya itu bukan untuk orang-orang seperti kita, tidak semua orang bisa kaya, harta tidak akan pernah cukup' Ini pun amat negatif. Nah, kalau di kepala kita masih terngiang-ngiang kata-kata tadi, maka sulitlah utk menjadi kaya...

    Kata-kata & frasa tadi, mesti dibuang. Disingkirkan. Jika tidak, itu akan menjadi jebakan bagi kita, sulit utk keluar dari kemiskinan. "Aku yakin nasibku baik & dipertemukan dgn orang-orang baik." Walaupun lagi susah, batinkan kata-kata itu selalu :) "Di kotaku, aku adalah orang yg paling beruntung," ucapkan itu dlm hati & yakini. Insya Allah sekian persen akan terjadi.
    ______________
    - Ippho Santosa -

    sumber gambar: @ipphoright





    0 comments

    Posting Komentar